Majlis Maiyah Telatah Demak

6 tahun Suluk Maleman, Rumah keseimbangan

Suluk Maleman, sebuah forum pengajian yang terselenggara di Kabupaten Pati Jawa Tengah dan diasuh oleh Habib Anis Sholeh Baasyin hari ini (20/01) genap berusia 6 tahun. Sebagaimana namanya forum ini adalah sebagai tempat melingkarnya para salik, manusia-manusia yang mendekat pada yang maha gaib, Allah SWT.

Forum ini menjadi forum yang menyeimbangkan di tengah masyarakat yang cenderung mendekat pada budaya ketampakan, budaya terlihat, penghormat kebendaan. Forum ini menjadi tempat bagi para saliknya untuk kembali di tengah setelah masyarakat di rayu, dibujuk saling menguat identitasnya sehingga berpotensi unutk bertengkar.

Suluk maleman hadir menjadi poros di tengah yang menyangga, ia di tenggah menyangga beban berbagai tarikan dari kota kecil bernama Pati. Bib Anis dan juga Musik Sampak Gusuran, pengasuh forum ini pasti memiliki kesadaran bahwa posisi tengah, poros sangatlah penting. Jika diibaratkan sebuah tubuh jika ia kehilangan poros, tengah maka ia kehilangan keseimbangan dan akhirnya akan oleng dan lungrah.

Enam tahun Suluk Maleman semoga tetap ikhlas terus menjadi poros, menjaga keseimbangan agar Indonesia tetap tenang, istiqomah. Gambang Syafaat, Kalijagan, Semak mengucapkan “Selamat Ulang Tahun Suluk Maleman ke enam”. [Redaksi Kalijagan.com]

Avatar photo
Majlis Masyarakat Maiyah Kalijagan Demak adalah bagian dari Majlis Masyarakat Maiyah Nusantara.
  • Kum